01 November 2008

Melunasi Kartu Kredit

Bagaimana cara melunasi Kartu Kredit (KK)? Mungkin ini bisa membantu teman2 yang sudah memiliki KK. Lebih baik membayar tagihan kartu kredit secara full dari total tagihan, jangan membayar tagihan minimum (minimum payment). Mengapa pembayaran minimum jangan? Karena rata2 suku bunga yang berlaku di tiap bank berkisar 2,75 persen - 3,5 persen per bulan. Jika kita hanya membayar minimum tagihan, maka kita akan tetap membayar bunga ini setiap bulan.


Berdasarkan perhitungan kasar, misal apabila seseorang meminjam Rp 1 juta dengan bunga 3,25 persen per bulan, biaya tahunan kartu Rp 150 ribu dan pembayaran yang dilakukan adalah selalu minimum payment, maka akan diperlukan waktu kira-kira 30 bulan untuk melunasi pembayarannya. Itu pun dengan catatan, kartu tersebut tidak pernah dipakai lagi. Kita bisa membayangkan bila jumlah pinjamannya jauh di atas nilai tersebut, maka berapa lama waktu yang diperlukan untuk melunasinya, dan berapa banyak bunga yang kita bayarkan untuk utang tersebut, yaaa toh?


Itulah sebabnya lebih baik kita melunasi tagihan kartu kredit kita dan tidak menundanya. Pergunakanlah KK dengan bijak. Sebab KK bukanlah uang tambahan, KK adalah hutang yang harus kita bayar. Mungkin di kondisi lain kita bisa memakai KK misal untuk keadaan yang urgen. Kalau teman memakai KK lebih baik segera lunasi tagihannya sebelum terkena bunga.


Semoga KK memberikan solusi keluar yang baik, bukan menjerat kita.

0 komentar: