04 Agustus 2008

Olimpiade Beijing 2008

Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (Pertandingan Olimpiade ke-29), diadakan di Beijing, Republik Rakyat Cina dari 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08.08.08 ( 8 malam lewat 8 menit dan 8 detik. (Angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa). Beberapa pertandingan, termasuk sepak bola, layar, voli pantai dan renang marathon 10km akan diadakan di kota-kota Tiongkok lainnya. Dengan dilaksanakannya pertandingan berkuda di Hong Kong, ini menandakan kedua kalinya Olimpiade edisi yang sama dituan-rumahi oleh dua Komite Olimpiade Nasional.

Logo resmi pertandingan, berjudul "Dancing Beijing" (Beijing Menari), dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi "jing", merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa (Hanzi:
福娃; Pinyin: Fúwá; Bahasa Inggris: Sikap bersahabat), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade. Moto Olimpiade adalah "One World, One Dream" (Satu Dunia, Satu Impian). Olimpiade Beijing akan terdiri atas 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

Logo
Logo Olimpiade Musim Panas 2008 berjudul "Dancing Beijing" (Beijing Menari) diperkenalkan pada Agustus 2003 dalam upacara yang dihadiri oleh 2.008 orang di Qin Nian Dian (
祈年殿)—Ruang Doa untuk Panen yang Baik di Kuil Surgawi (天壇 atau ), Beijing. Emblem tersebut menggabungkan elemen-elemen masyarakat tradisional Tiongkok—sebuah stempel merah dan sebuah kata kaligrafi untuk jing () (ibu kota nasional) dengan fitur atletik.

Lengan terbuka dalam kata kaligrafi tersebut melambangkan undangan Tiongkok kepada dunia untuk berbagi kebudayaannya. Presiden IOC Jacques Rogge sangat senang dengan emblem tersebut, mengatakan, "Emblem Anda secara langsung membawa keindahan yang mengagumkan dan kekuatan RRT yang diwujudkan melalui kebudayaan dan warga Anda."



Slogan
Pada 26 Juni 2005, Komite Olimpiade Beijing mengumumkan bahwa slogan bagi Olimpiade Musim Panas 2008 adalah "One World, One Dream" (Hanzi sederhana:
同一个世界 同一个梦想; Hanzi tradisional: 同一個世界 同一個夢想; Bahasa Indonesia: Satu Dunia, Satu Impian).

Maskot Fuwa (Hanzi: 福娃; Pinyin: Fúwá; dalam bahasa Inggris: Friendlies) diperkenalkan sebagai maskot pertandingan oleh Lembaga Nasional Penelitian Bahasa Klasik Tiongkok pada 11 November 2005, pada perayaan 1.000 hari sebelum pembukaan Olimpiade.


Fuwa terdiri atas lima anggota: Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying dan Nini. Kelima maskot menggambarkan ikan, panda raksasa, api, antelop Tibet dan burung layang-layang, dan tiap-tiap maskot mewakili satu dari lima cincin Olimpiade. Nama kelima maskot tersebut jika digabungkan akan membentuk kalimat 北京欢迎你 yang berbunyi Běijīng huānyíng nǐ (Beijing Menyambut Anda).

Medali Olimpiade Beijing 2008
Medali yang akan dibagikan kepada para pemenang Olimpiade Beijing 2008 juga unik karena di bagian belakang ke-3030 medali tersebut dipasangi cincin giok untuk melambangkan kebudayaan nasional. Desain yang dibuat oleh Profesor Hang Hai tersebut telah disetujui oleh komite penyelenggara Olimpiade 2008.

Komite Olimpiade Internasional memberikan dua syarat untuk desain medali Olimpiade. Yang pertama adalah bahwa desain tersebut haruslah unik, kedua bahwa desain tersebut harus memiliki karakteristik negara tempat Olimpiade berlangsung.

Giok yang digunakan berasal dari penambangan di Kunlun karena di sana ditemukan material giok dalam jumlah besar yang bermutu bagus. Karena ada tiga macam giok yang akan dibuat (untuk medali emas, perak, dan perunggu), maka untuk keseluruhan medali yang akan dibagikan giok-giok tersebut harus kurang lebih bewarna yang sama sehingga tidak terjadi kesenjangan antara penerima medali yang sama satu dengan yang lain. Hambatan lain yang dihadapi adalah kesulitan untuk menempelkan giok yang keras dan mudah pecah ke permukaan logam mulia. Sejak diumumkannya keputusan menggunakan giok Kunlun, harga giok tersebut di pasaran langsung naik. Giok-giok tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke pusat kerajinan giok di kota
Yangzhou.

Tempat pertandingan
Pemerintah RRT bermaksud untuk berinvestasi dalam renovasi dan pembangunan 49 gimnasium dan stadium juga 59 pusat latihan. Karya arsitektural terbesarnya adalah Stadion Nasional Beijing, Stadion Tertutup Nasional Beijing, Pusat Akuatika Nasional Beijing, Olympic Green Convention Centre, Olympic Green dan Pusat Kebudayaan & Olahraga Wukesong Beijing. 2,1 milyar dolar A.S. (RMB 17,4 miliar) dalam penawaran-penawaran dan tender-tender korporat diharapkan mampu membiayai hampir 85 persen biaya konstruksi untuk enam tempat pertandingan utama. Investasi diharapkan dari perusahaan-perusahaan yang mencari hak-hak kepemilikan setelah Olimpiade Musim Panas 2008. Beberapa tempat pertandingan akan dimiliki dan dikuasai oleh Administrasi Umum urusan Olahraga Negara, yang akan menggunakan tempat-tempat pertandingan tersebut setelah Olimpiade sebagai fasilitas-fasilitas untuk tim-tim dan pertandingan-pertandingan olahraga nasional di masa mendatang.

Pada 8 Juli 2005, diumumkan bahwa pertandingan berkuda akan diselenggarakan di Hong Kong akibat ketidakpastian penyakit-penyakit kuda dan kesulitan-kesulitan besar dalam mendirikan kawasan bebas penyakit. Lima tempat pertandingan yang berlokasi di luar Beijing adalah di Qingdao, Hong Kong, Tianjin, Shanghai dan Qinhuangdao.

Menurut Times Online Inggris, lebih dari 300.000 rumah digusur dan warga-warganya direlokasikan untuk kepentingan pembanguanan dalam persiapan Olimpiade 2008. Polisi Beijing menahan banyak orang yang memprotes pengusiran.



Stadion Nasional Beijing
Pusat perhatian Olimpiade Musim Panas 2008 adalah pembangunan Stadion Nasional Beijing, yang mulai dibangun pada 24 Desember 2003. Pejabat-pejabat pemerintah menyatukan arsitek-arsitek dari seluruh dunia dalam sebuah kompetisi perancangan. Sebuah perusahaan Swiss, Herzog & de Meuron Architekten AG, berkolaborasi dengan China Architecture Design & Research Group memenangkan kompetisi. Stadion nasional akan berfiturkan kerangka semen seperti anyaman membentuk mangkuk stadium, yang akan mampu menampung 80.000 orang. Arsitek mulanya menggambarkan rancangan keseluruhan menyerupai sebuah sarang burung dengan sebuah bulatan menyerupai mata - sebuah lubang dengan atap yang dapat dilepas-lepas di atas stadion. Tetapi, pada 2004, rancangan bagian atap ditinggalkan atas alasan biaya dan keamanan. Stadion Nasional Beijing akan menjadi lokasi Upacara Pembukaan dan Upacara Penutupan serta sebagai tempat pelaksanaan kegiatan atletik dan untuk pertandingan final sepak bola.

http://id.wikipedia.org/wiki/Olimpiade_Beijing_2008

0 komentar: