09 Juli 2008

Memahami Perbedaan

Pernahkah kita merasa kesal terhadap sikap pasangan yang sulit kamu terima karena tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan? Seseorang mengatakan, “Kapan pun pasangan anda mengatakan sesuatu yang menyusahkan anda, anda sedang mengalami salah satu dari banyak perbedaan antara pria dan wanita. Tetapi bilamana anda mengerti bagaimana Tuhan merancang perbedaan2 itu, Anda bisa belajar untuk memanfaatkan semua perbedaan itu dengan baik dalam pernikahan anda.” Coba kita lihat dalam pernikahan.


Perbedaan antara pria dan wanita tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi penyebab perpecahan di dalam rumah tangga. Perbedaan ini di maksudkan Tuhan agar suami dan istri bisa saling melengkapi di dalam menghadapi masalah kehidupan. Mengetahui perbedaan bisa menolong kamu memahami pasangan, serta menerima dia dengan semua keadaannya. Ini ada dua pernyataan mendasar yang sering muncul tentang sikap pasangan anda.


“Mengapa suamiku tidak peka?” kepekaan wanita memang cenderung lebih bekerja dibanding si pria. Berpatokan pada kepekaan ini, wanita berasumsi bahwa pria akan tahu apa yang ia inginkan tanpa harus mengatakannya. Wanita berharap agar si pria bisa membaca sinyal bahasa tubuhnya dan tekanan suara. Sebagaimana wanita pada umumnya memahami hal itu. Ketika para suami/pria tidak bereaksi seperti yang ia harapkan, maka istri pun berkata, “Kamu memang tidak peka.” Dalam kekesalan sang suami pun berkata, “Apa kamu pikir aku ini Tuhan yang dapat membaca pikiranmu?” bagi pasangan, pahamilah perbedaan ini, sehingga dapat menghindari konflik yang seharusnya tidak terjadi.


“Mengapa istriku banyak omong?” hasil penelitian mengatakan bahwa wanita mengeluarkan sekitar 20.000 kata perhari, sedangkan pria 7.000 kata. Wanita memang suka ngobrol dan berbicara lebih banyak, karena itulah cara yang bisa ia lakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada dalam pikirannya. Otak pria tersekat-sekat dan cenderung memilah dan menyimpan informasi dengan rapi, tetapi tidak demikian dengan cara kerja otak wanita. Banyak masalah yang berputar-putar dalam otaknya dan cara wanita untuk menyingkirkan masalah itu adalah dengan mengatakannya agar membuat dia lega.


Keinginan untuk mengubah pembawaan dasar dari pasangan anda akan menyebabkan konflik. Sikap yang tepat adalah dengan memahami perbedaan itu dan mulai mengambil sikap yang positif dalam menghadapi pasangan. Masih banyak lagi perbedaan antara pria dan wanita yang mengundang masalah serius, jika tidak disikapi dengan bijaksana. Semoga perbedaan ini dapat membantu melengkapi satu dengan yang lainnya dan bukan menjadi penyebab perselisihan.


Jadikan perbedaan yang ada sebagai variasi hidup yang akan menyemarakkan hubungan Kamu dengan pasangan.

0 komentar: