28 Mei 2008

Yuk Diet!!

Arti diet yang sebenarnya adalah menjaga pola makan, disesuaikan dengan aktivitas kita, tetapi seringkali kita salah kaprah dan mengartikan diet sebagai mengurangi jatah makanan untuk menurunkan berat badan. Bahkan ada yang "tidak" makan nasi (sumber karbohidrat) sama sekali. Diet menjadi momok bagi banyak orang, tetapi, ini ada beberapa trik, yang kebetulan dari pengalam saya berdiet. semoga membantu Anda.

Jangan makan sumber karbohidrat terlalu banyak. karena karbohidrat yang tidak terbakar akan di rubah oleh tubuh menjadi glukosa, yang akan menaikan kadar insulin yang menaikan nafsu makan Anda dan memperlambat metabolisme dalam tubuh Anda.

Jika Anda masih lapar sesudah makan malam Anda, memakan camilan sebelum tidur bukanlah ide terbaik!! Karena ketika Anda tidur, maka metabolisme tubuh akan melambat, sehingga makan karbohidrat sebelum tidur dapat menyebabkan terbentuknya tumpukan lemak baru di perut Anda. Lebih baik Anda mengkonsumsi protein dalam jumlah kecil dan jangan mengkonsumsi karbohidrat 3 jam sebelum tidur. Makan malam lebih baik tidak lebih dari jam 19.00.

Penelitian menunjukkan minum setengah liter air akan menaikkan tingkat metabolisme sebanyak 30%. Tubuh kita terdiri dari 70% air, karenanya mengkonsumsi cukup air menjadi sangat penting untuk mempertahankan kinerja tubuh dan proses metabolisme. Banyak asumsi kalo minum banyak air akan membuat gemuk, air hanya membantu siklus metabolisme dan tidak akan menjadi lemak!! jadi banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih min. 1 liter kan sehari.

Batasi jumlah lemak yang Anda konsumsi, khususnya lemak jenuh. Lemak jenuh penting untuk menjaga kadar testosteron dalam tubuh, tetapi mereka juga disimpan sebagai lemak di tubuh. Konsumsilah lemak tak jenuh lebih banyak. Lemak tak jenuh baik karena lemak ini akan lebih mudah digunakan sebagai energi tubuh. Perbandingannya adalah 9 kalori untuk satu gram lemak, dibandingkan dengan 4 kalori untuk 1 gram karbohidrat dan protein. Jadi jika Anda benar-benar ingin kurus, Anda harus mengurangi jumlah konsumsi lemak Anda, khususnya lemak jenuh.

Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk, Anda mungkin saja sering lupa untuk makan. Melewatkan makan siang atau malam akan membuat kadar gula dalam darah menurun dan menghambat pertumbuhan otot Anda. Salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan buruk ini adalah dengan mengkonsumsi protein shake atau protein bar. Ini adalah solusi cepat bagi Anda yang tidak punya banyak waktu. Suplemen protein akan memberi suplai asam amino untuk membentuk dan mempertahankan otot. Selain itu, protein membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu kontrol terhadap konsumsi kalori.

Melatih tubuh Anda, jika Anda ingin menaikkan tingkat metabolisme Anda dapat melakukanlah latihan lebih sering, seperti bergabung dalam klub fitness, atau melakukan olah raga sendiri semisal lari dan senam. Karena, ketika Anda berlatih, metabolisme tubuh akan menjadi lebih aktif selama beberapa jam ke depan. Ini akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh dan pembentukan otot. (Buat yang mempunyai berat berlebih, bs mengkonsumsi fat burner. dan sekaligus supplemen Amino Acid. ini segaligus membantu membakar lemak & membantu pembentukan otot)

Buat rangkaian progres tentang tubuh Anda. Cobalah ambil foto tentang tubuh Anda sebelum melakukan latihan/fitness. Narsis dikit boleh lah hehehe. Bandingkan semisal 2 bulan kedepan. Hal ini akan memotivasi Anda dalam mengatur pola hidup, menjaga makanan dan giat dalam berlatihan, selain Anda mendapatkan tubuh yang ideal kita juga menjalani hidup sehat bukan.

Makan enak seminggu sekali. Anda boleh makan enak seminggu sekali. maksudnya makan bebas gitu. TAPI bukan berarti Anda boleh menghabiskan satu pizza ukuran large, ayam kentaki, burger, kentang goreng dll yang kita pantang dalam 6 hari sebelumnya. Jangan sampai ada istilah "balas dendam" ya!! makan lah dalam hal wajar. Toh menikmati hidup tak hanya dari makan kan? bisa di lakukan dengan hal lain?

Pikiran. Ini yang harus di catat!! jangan lah hal-hal tersebut menjadi beban Anda pikiran, smuanya harus kita lakukan berdasarkan NIAT. lakukan diet secara perlahan-lahan agar Anda tidak jenuh di satu titik. jangan langsung diet. Karna tubuh harus menyesuaikan pola hidup yang baru. dan jangan sampai Anda mengesampingkan orang yang ada di hidup Anda karena terlalu fokus pada kegiatan ini.

Aturlah jadwal latihan Anda ^^

sLamat Mencoba
******************************************************************
Oh iya sebagai motivasi buat Anda, Saya aja sudah berhasil menurunkan berat sebesar 12 Kg dalam 4 bulan melakukan latihan, ditambah lagi saya sekarang mengikuti club sepeda. dimana rutenya terbilang "mantap" untuk membakar kalori dalam tubuh supaya tidak menjadi lemak =)









0 komentar: